Saturday, November 1, 2014

[EVENT REPORT] TYPOTOPIA

Hello, there! Gonna spread some news from Typotopia the Indonesia-Korea Bonding Project :)
Since my English isn't that great, I'm gonna report in Bahasa. Pardon me!





           Sebagai bagian dari Festival Korea-Indonesia pada bulan Oktober 2014 Center for Art and Community Management Surya University dengan bangga mempersembahkan TYPOTOPIA, Pameran Seni Instalasi & Media Korea-Indonesia ke-2 ini di Mal Lotte Shopping Avenue dari tanggal 8 Oktober 2014-31 Oktober 2014 yang sebelumnya diadakan di Galeri Nasional atau Galeri Salihara di Jakarta. Acara ini  diselenggarakan atas kerjasama antara Kedutaan Besar Republik Korea dan Galeri Nasional Indonesia yang menampilkan karya 13 seniman dari Korea dan Indonesia dengan curator dari Arcolabs-Surya University. Tujuannya ialah untuk menunjukkan pembangunan bersama budaya Indonesia dan Korea melalui pertukaran dan perayaan kedua budaya dalam ranah publik. “Diadain di Mal itu karena tujuan seni rupa di Indonesia sekarang adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat luas juga, gak hanya kepada kalangan penikmat seni saja yang biasanya dateng kalo diadain di Galeri Nasional.” Begitu kata Ima, selaku volunteer dari komunitas Serrum-UNJ, yang bertugas di event Typotopia ini. Pengunjung juga terlihat antusias selama kurang lebih 3 minggu ini, karena menariknya berbagai macam media interaktif yang dapat langsung dicoba oleh para pengunjung, TYPOTOPIA juga menyelenggarakan acara workshop dan tur pameran dengan 13 seniman dan curator dari Arcolabs Surya University yaitu Bapak Aditya Pratomo dan Mrs. Jeong Ok Jeon sambil membicarakan konsep dari acara ini dan konsep karya yang telah dipamerkan. Antusiasme pengunjung terlihat ketika mereka mulai tertarik untuk berinteraksi dengan media interaktif yang ada. “Banyak banget, dan terlihat antusias. Ada orang tua juga, anak-anak, remaja. Semuanya kelihatan senang. Ada yang foto-foto atau main-main sama pamerannya.”

Alpha Bit by Kim Yong Kwan-2014

            Pameran ini cukup ramai karena diletakkan persis setelah pintu masuk Selatan dari Mal Lotte Shopping Avenue ini. Sehingga setiap pengunjung yang masuk, akan langsung melihat pameran ini sebelum mereka pergi ke tempat tujuan mereka. Menariknya, karena pameran ini ada berbagai macam seni instalasi yang dapat langsung berinteraksi dengan pengunjung, maka, pengunjung tertarik untuk mencobanya. Tujuannya adalah, supaya pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan seni yang selama ini sangat ‘tertutup’ bagi mereka yang bukan penikmat seni. “Supaya lebih variatif dan ada penjelasan sedikit kali ya di tiap karyanya. Karena kan ini diselenggarakan di public yang gak gitu ngerti seni, jadi ya mungkin harapannya di pameran selanjutnya, ada introduction aja sedikit.” Ujar Gladys, mahasiswa Lasalle College Indonesia yang mengunjungi pameran ini.

Menata Kata Kota- Ramadhani Kurniawan 2013


S+G-Yasser Rizky 2014

Pameran ini bertemakan Tipografi + SeniTipografi + Teknologi, Tipografi + Permainan.

Pameran Seni Instalasi Media Korea-Indonesia ke-2
TYPOTOPIA
8 – 31 Oktober 2014
10:00 – 22:00 WIB
Lotte Shopping Avenue
West Entrance Ground Floor
Kurator: ARCOLABS
Seniman: Adityo Pratomo, Ahn Sang-soo (안상수), Bujangan Urban, Choi Seung Joon (최승준), Heo Chang Bong (허창봉), Kim Yong Kwan (김용관), Narpati Awangga a.k.a Oomleo, Ramadhani Kurniawan, Song Joo Myoung (송주명), Syaiful Aulia Garibaldi, Tangsel Creative Foundation, Terra Bajraghosa, Yasser Rizky.

Sumber lain-lain :



xoxo,
Janice-MPC (UMN) Journalist

0 comments:

Post a Comment

I always enjoy reading & replying your comments!

XOXO,
Janangelical

Pageviews

Janice Angelica Liando. Powered by Blogger.