Friday, July 10, 2015

[UNILIFE] Semester 6 di UMN

Hi!

Kali ini post buat semester 6. Di semester ini, cukup santai, tapi tugasnya makan waktu dan menguras pikiran sekali. Haahahha. Kayaknya kok gak ada yang enak yah? Tiap semester ada enak gak enak kok, ya namanya hidup yah. Gak ada semuanya bahagia, toh. Post ini mungkin akan ada banyak foto :D - plis jangan curi foto yah/apalagi plagiat terutama di branding dan project management. HEHEH. kalo makeup mah, gapapa.

Semester 6 itu belajarin :

1. Branding
-Branding kerjaannya adalah Re-branding. Disini kita sekelompok ber5 orang (dengan hanya cowok satu orang di kelompok gue, kasian dia, pusing dengan cewek-cewek), diminta untuk membuat rebranding dari tempat yang telah ditentukan pak Dosen. Diminta membuat Graphic Standard Manual, aplikasi desain di stationery, terus iklan/advertising nya di media cetak, billboard, sama transportasi. Kita harus bikin video TVCommercialnya juga. Harus cek lokasi, wawancara, dsb :)




2. Experimental Art
- Kelas ini namanya aja experiment yah, jadi tugas-tugasnya tuh unik-unik dan aneh-aneh. Hasilnya pun sangat beragam dari setiap mhsa/i nya. Seru sih, cuma karena kita gak nyeni murni banget, sedangkan tugasnya mostly mirip sama anak seni murni, jadinya kurang pol aja rasanya hasilnya. HEHEHE. Ada kita diminta buat kolase dari barang-barang sekitar, video gerak tubuh, dll.


salah satu karya experimental art. 

3. Academic Writing
- Belajar bikin proposal buat skripsi/tugas akhir. Menentukan topik untuk semester berikutnya which is semester sidang dan tugas akhir. Prok prok prok.

4. Makeup Effect (Elektif)
- Nah, ini si guru kesayangan lagi yang ngajar dari set & property semester lalu. Isinya? Membahagiakan sekali :) Setiap kali makeup makeup makeup. Mulai dari makeup fantasi, horor, cantik, sampe yang bikin efek2 bohong2an gitu.


gue yang makeupin lohhhh :D Lucu kan!

My friend :) - bukan gue yang makeupin.


5. Project Management
- Namanya juga project management, kita diajarin cari klien, bikin projek dan memanage bagaimana projek itu sampai selesai :)




6. Interactive Media Design
- Bikin game flash. Diajarin bikin coding (sedikit kok-dan biasanya kalo dosennya baik, dikasi semua kodenya). Jadi, disini di asah banget yah buat yang suka ilustrasi, terus idenya, terus KESABARANNYA dalam membuat efek-efek dan segala macem. Mostly using Adobe Flash Player, Photoshop and Illustrator. Kelompok :D

ini game offline nya. Ada yang versi flash juga. Tapi rempong masukinnya.

7. Sustainable Design
 - Teori bagaimana sebuah desain itu bisa lebih tahan lama dipakai, multifungsi, dan eco friendly. Kalo gue, tugasnya disuruh buat paper melulu. Kalo kelas lain, ada yang diminta buat jurnal dari bahan-bahan bekas.

8. Sociology in Art & Design 
- Teori juga. Sosiologi mempelejari tentang perilaku kehidupan manusia. Dan menurut gue, ini pelajaran agak kurang penting dimasukin di mata kuliah yah. Soalnya, gak ada sangkut-sangkutnya deh sama seni. Hmmmp. Bukan karena dosen atau apa yah, tapi menurut gue pribadi loh gak nyambung banget sama matkul buat anak DKV :( Tapi, mungkin ya karena desain kan harus bisa menyelesaikan masalah masyarakat. Mungkin itu maksud dari pelajaran ini. Hmm...


Akhirnya, gue udah mau masuk semester 7 nih. Semester sidang. Tugas Akhir (proyek), magang, dan sebagainya. Serem juga sih kalau dibayangin. Mana sekarang, gue belom magang karena gak ada yang mau manggil gue. Kenapa yah? Jadi, sekarang gue leha-leha di rumah, bikin portofolio, ngurusin online shop biar bisa dapet uang, nonton, dsb lah. Yaudah deh, nikmatin aja :)


xoxo,
Janice

1 comment:

  1. Hai Janice :) Salam kenal dari Visual Communication Design 2012 - President University.
    Seru banget pelajaran2 DKV di UMN :"D Dulu aku hampir masuk UMN loh, tp karna sesuatu dan lain hal, akhirnya ga jadi ((kalo jadi masuk mungkin kita bisa sekelompok haha)). Seru banget liat make up classnya :D hasil make up mu bagus :)) Btw, good luck buat magang dan skripsinya :D

    Yelny - Candy After Dinner

    ReplyDelete

I always enjoy reading & replying your comments!

XOXO,
Janangelical

Pageviews

Janice Angelica Liando. Powered by Blogger.